PEMETAAN BERSAMA SIBAT LENCOH KEC. SELO

By Humas PMI Kab. Boyolali 06 Des 2017, 22:07:55 WIBSiaran Pers
PEMETAAN BERSAMA SIBAT LENCOH KEC. SELO

BOYOLALI - Berdasarkan rencana Kerja Program PERTAMA di PMI Kabupaten  Boyolali adalah terbentuknya Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat atau lebih dikenal dengan sebutan SIBAT. SIBAT akan melaksanakan  kegiatan KBBM- PERTAMA (Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat-Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat)  di Desa Program yang telah ditentukan yaitu Desa Lencoh Kecamatan Selo.

Salah satu bentuk kegiatan awal untuk pembentukan sibat adalah rekrutmen dan pelatihan SIBAT itu sendiri, dengan pelatihan Tim sibat ini  diharapkan kegiatan pengurangan resiko bencana di Desa Program dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan panduan dan tujuan yang telah ditentukan.

Ir. Mulyatno, M.Si selaku kepala markas PMI Kab. Boyolali menerangkan "Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat adalah warga masyarakat yang menyatakan diri sebagai TSR atau Tim PMI yang bersedia mendarmabaktikan waktu, tenaga dan pikiran untuk memotivasi, menggerakkan dan memobilisasi masyarakat di lingkungannya agar mampu melakukan  upaya-upaya kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana dalam kegiatan KBBM (Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat) – PERTAMA (Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat) dengan memobilisasi dan melibatkan partisipasi masyarakat secara penuh."

Terbentuknya SIBAT diharapkan mampu menjadi motor penggerak bagi upaya-upaya kesiapsiagaan bencana, dampak kesehatan, lingkungan, dan masalah sosial lainya maupun tanggap darurat bencana di desanya, yang pada akhirnya  juga akan meningkatkan citra positif PMI, dengan dimulainya kegiatan Pemetaan Bahaya, Kerentanan, Risiko dan Kapasitas ini menjadikan modal awal untuk membuat masyarakat aman dan tau bahaya yang mengancam ketika terjadi bencana. Imbuhnya.

Kegiatan Pemetaan ini dilaksanakan kemarin selama satu minggu, karena cuaca di lereng merapi k