PMI Kab. Boyolali Siapkan Sekolah Siaga Bencana

By Humas PMI Kab. Boyolali 08 Apr 2019, 10:43:51 WIB
PMI Kab. Boyolali Siapkan Sekolah Siaga Bencana

Boyolali-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Boyolali menggelar kegiatan simulasi penanganan bencana sekolah melibatkan siswa-siswi SMP N 1 Cepogo, Sabtu 2 Maret 2019. Kegiatan digelar bertujuan untuk mengujicobakan SOP Penanganan Bencana yang telah disusun, Meningkatan Praktek Kesiapsiagaan Bencana di tingkat sekolah, memainkan peran warga sekolah Jika terjadi bencana.

Ratusan siswa SMP Negeri 1 Cepogo, panik berhamburan membawa tas masing-masing ke luar kelas untuk menyelamtakan diri saat terdengar sirine sekolah berbunyi di lingkungan sekolah.

Sesuai dengan arahan guru, para siswa dapat dievakuasi dengan cepat dan terarah ke lokasi evakuasi yang sudah ditentukan.
Setelah diselidiki, ternyata kepanikan itu hanya rangkaian dari kegiatan simulasi yang diadakan sekolah bersama PMI Kab. Boyolali dukungan PMI Pusat dan Palang Merah Amirika. Simulasi diawali dengan bunyi sirine sekolah sebagai tanda bahaya. Seluruh siswa tanpa kecuali juga guru serta karyawan, lari keluar kelas untuk menyelamatkan diri.
Mereka berlari sesuai titik kumpul yang memang sudah disiapkan sekolah.
Kepala Sekolah SMP N 1 Cepogo Suroto mengatakan, simulasi tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. Dilakukan untuk memberikan edukasi siswa, guru juga karyawan untuk menghadapi bencana alam, seperti erupsi gunung merapi dan yang lainnya.

Harapan dari Plt. Ketua Pengurus PMI Kab. Boyolali dr. Ratri S Survivalina, MPA. Paling tidak 50 % Lebih warga sekolah dapat mengikuti kegiatan simulasi Bencana, serta Warga sekolah memahami SOP dan dapat menjalankan dilingkungan sekolah dan kegiatan seperti ini untuk evaluasi perencanaan kesiapsigaan bencana sekolah lanjutan.
Kegiatan Simulasi seperti ini juga dilakukan di beberapa wilayah Kec. Ampel (SDN 2 Ngagrong & SMP N 3 Ampel), Kec. Cepogo (SMPN 1 Cepogo & SMA N 1 Cepogo ), Kec. Selo ( SD N 2 Selo