PMI RESPON RUMAH ROBOH TERTIMPA POHON BERUMUR RATUSAN TAHUN

By Humas PMI Kab. Boyolali 15 Jan 2020, 13:03:39 WIBSiaran Pers
PMI RESPON RUMAH ROBOH TERTIMPA POHON BERUMUR RATUSAN TAHUN

BOYOLALI-PMI Kabupaten Boyolali respon bencana alam yang mengakibatkan Pohon Leses berusia ratusan tahun tumbang hingga menimpa rumah warga dan warung hik. Peristiwa yang terjadi pada Kamis (9/1/2020) sekitar pukul 22.00 di Dukuh Soka Desa Jenengan, Kecamatan Sawit cukup mengagetkan warga sekitar.
Tumbangnya pohon di kawasan umbul Leses tersebut diceritakan salah satu korban luka, Suroso (42) peristiwa jatuhnya pohon hingga menimpa rumahnya berlangsung cepat kurang lebih 15 menit. Batang pohon setinggi hampir 50 meter tersebut roboh ke arah utara disertai suara berderak keras. Akibatnya, rumah miliknya rusak parah. Batang pohon juga menimpa bekas warung hik.

Dalam bencana ini PMI mengirimkan Relawan nya untuk pembersihan puing rumah yang roboh dan memotong pohon yang tumbang menimpa rumah warga, selain itu juga mendistribusikan logistik bantuan Bencana berupa paket kebersihan, paket sembako dan Tarpolin PMI

Peristiwa itu terjadi pukul 22.00. Awalnya, Suroso mengaku baru pulang dari acara yasinan dan tahlil di rumah tetangga. Sesampai di teras rumah, dia mendengar suara gemeretak dari arah pohon leses di sebelah rumahnya. Khawatir pohon bakal ambruk, dia bergegas masuk rumah untuk membangunkan keluarganya.

“Begitu masuk rumah, pohon ambruk dan menimpa rumah saya,” katanya kepada Humas PMI, Jumat (10/1/2020).
Dia pun berteriak mengajak istri, dua anak dan seorang cucunya untuk keluar menyelamatkan diri. “Beruntung, istri, anak dan cucu tidak terluka. Hanya kepala saya luka sedikit dan sudah dijahit,”ujarnya.

Sardi (40), famili korban menambahkan, warga tidak menyangka pohon yang tumbang justru pohon yang masih berdiri kokoh. Padahal, di sisi barat ada sebatang pohon yang sudah mati. Warga pun sudah mengusulkan kepada jajaran terkait agar memotong pohon tersebut. “Usia pohon di Umbul Leses ini s